Pages

Friday, July 9, 2010

Tips Roti Tawar

Tips Roti Tawar

1. Bila ingin hasil roti tawarnya putih, selalu gunakan mentega putih.
2. Roti tawar dapat divariasikan menjadi beragam aroma seperti pada pasaran saat ini. Caranya, tambahkan saja pilihan pasta pada adonan, seperti pasta pandan, untuk aroma pandandan warna hijau, pasta moka untuk warna coklat dan aroma moka, dan lain sebagainya.
3. Untuk memperkaya rasa, dapat ditambahkan kismis, poppy seed ataupun wijen.
4. Dalam perkembagannya, roti tawar juga diberi tambahan bahan tepung gandum utuh (whole wheat flour). Tepung terigu juga berasal dari gandum, bedanya terigu beraal dari biji gandum yang dihaluskan, sedang tepung ganduk utuh (whole wheat flour) berasal dari gandum beserta kulit arinya yang ditumbuk.
5. Roti tawar Bandung selalu menggunakan roti tawar dasar dengan cetakan kotak bergerigi, roti tawar bentuk ini disebut roti tawar Kasino.
6. Bagian kulit roti tawar masih bisa difungsikan sebagai hidangan lain, contohnya diolah menjadi puding roti tawar.
7. Sisa roti tawar bisa juga dikeringkan dengan cara dipanggang mengunkana api kecil lalu dihaluskan sehingga menjadi tepung roti.
8. Jangan potong roti tawar selagi panas, karena pori-pori roti tawar masih basah. Sehingga sewaktu dipotong hasilnya tidak rapi.
9 Agar potongan roti tawar rapih, selalu gunkana pisau bergerigi saat memotong.
10. Untuk sandwich bakar, pada prinsipnya roti yang digunakan sebagai pelapis haruslan dipanggang lebih dahulu atau dibakar dahulu. Sedang isinya dapat divariasikan sesuai selera, bisa keju, tuna, daging asap, sayur dan lainnya.

Koki - Edisi 00129 - Agustus 2008

0 comments:

Popular Posts

Pengikut

Blogger templates