Pages

Monday, November 23, 2009

Tips & Trik Seputar Donat

Tips & Trik Seputar Donat

Tips Bahan

. Bahan utama donat adalah terigu, biasanya donat dibuat dari terigu protein tinggi agar volumenya besar. Namun ada juga yang membuatnya dengan campuran terigu protein tinggi dengan sedang (dengan perbandingan 1:4). Tujuan agar donat mengembang dan lebih empuk. Donat dengan kapasitas hotel ataupun bakery, biasaya mengunakan terigu yang sudah dalam bentuk siap pakai, dikenal dengan sebutan tepung premix. Tepung premix tiap produk tidaklah selalu sama karena bahan yang sudah dicampur terigu berbeda-beda.
. Ada banyak trik tekstur donat lebih empuk, ada yang menambah adonan dengan kentang, ada juga yang menambahkan kuning telur, mentega ataupun bahan tambahan pengempuk adonan.
. Bahan tambahan makanan yang berupa pengempuk dikenal dengan istilah bread improver ataupun bread emulsifier.
. Bread emulsifier berfungsi agar roti tidak cepat keras, kaku dan remahannya lebih halus. Sedang bread improver berize enzymes, emulsifer dan oxidizing agents. Enzym membuat proses fermentasi lebih baik, emulsifier membuat adonan lebih lembut dan oxidizing agents membuat adonan lebih kuat. Kesimpulannya, bread emulsifier biasanya sudah ada dalam bread improver namun ada juga resep yang ingin hasilnya lebih empuk lagi dengan menggabungkan ke dua bahan tersebut.
. Penggunaan baking powder berfungsi sebagai pengembang adonan, agar volume donut lebih besar.
. Penggunaan minyak untuk menggoreng donat dapat mempengaruhi hasil donat. Agar hasilnya lebih baik gunakan minyak padat, karena minyak padat dapat dipanaskan hingga 190o-200o C, sehingga saat donat dimasukkan akan terbentuk lapisan kulit tipis di bagian luarnya sehingga minyak tidak masuk ke dalam donat. Tiap sisi donat yang digoreng dengan minyak goreng cair biasa di suhu 170oC akan berasap dan struktur minyk tersebut rusak.


Tips Pengolahan & Tekstur

. Tekstur donat kentang tak semulus dibandingkan dengan donat murno tanpa campuran kentang.
. Normalnya donat dapat bertahan 2-3 hari. Donat fresh dapat dilihat dari teksturnya yang agak keras terkesan liat, kasar, aroma dan rasa masamnya lebih.
. Donat yang tidak cepat busuk tidak baik untuk pencernaan, karena bisa jadi dalam dinat tersebut terdapat dalam bahan pengawet.
. Donat yang cepat busuk dan berjamur, biasanya di dalam adonan terdapat banyak menggunakan ragi dan air.
. Kemas adonan dalam plastik begitu uap panasnya hilang agar teksturnya tidak cepat keras.
. Hasil menggoreng yang baik akan mengahasilkan donat yang mempunyai cincin, seperti pita kecil di sekeliling donatnya kecuali pada donat yang adonannya berwarna coklat ataupung ungu seperti donat ubi ungu. Cincin tersebut menandakan waktu fermentasi donat sudah tepat.

Koki Buklet Aneka Donut

0 comments:

Popular Posts

Pengikut

Blogger templates